Ringkasan
:
1. Pengertian
permintaan
Permintaan
adalah keinginan konsumen untuk membeli suatu barang pada berbagai tingkat
harga selama periode waktu tertentu. Permintaan merupakan jumlah barang atu
jasa yang ingin dan mampu untuk dibeli oleh konsumen pada berbagai tingkat
harga dan pada periode tertentu. Dari pengertian tersebut terdapat dua kata
yang menjadi dasar dari pengertian pengertian permintaan. Pertama konsumen
ingin memiliki benda pemuas kebutuhan, dan yang kedua konsumen memiliki
kemampuan untuk memperolehnya. Jika keduanya dapat terpenuhi maka yang terjadi
adalah permintaan efektif, dimana konsumen ingin dan mampu membeli benda pemuas
kebutuhan tersebut.Terkadang seseorang juga mengalokasikan pendapatan yang
diperoleh untuk ditabung. Dalam hal ini harus dibuat yang namanya perioritas
barang yang akan dibeli. Sehingga uang yang dikonsumsi dan ditabung jumlahnya
seimbang.
Kemudian
ada yang namanya permintaan potensial , permintaan potensial dapat terjadi
ketika seseorang memilih untuk menabungkan uangnya sekarang dan merencanakan
untuk melakukan pembelian barang di minggu depan. Dalam permintaan potensial
ini seseorang memiiki kemampuan untuk membeli namun ia menunda pembelian barang
yang diinginkan.
Dari
pembahasan diatas kita dapat mengetahui bahwa pada dasarnya sitiap orang
memilki kebutuhan yang berbeda. Mulai dari adat istiadat, agama dan
kepercayaan, alam dan peradaban merupakan hal yang mempengaruhi munculnya
kebutuhan tersebut.
2. Permintaan
pasar
Permintaan
pasar adalah penjumlahan seluruh permintaan yang dihadapi oleh semua firm
(perusahaan) individual. Apabila kurva-kurva permintaan itu kita jumlahkan,
maka akan didapatilah sebuah kurva permintaan pasar (market demand
curve).Permintaan pasar bagi suatu barang tertentu tidak lebih dari pada
penjumlahan horizontal secara aritmetis beberapa permintaan individual yang
dihadapi oleh setiap produsen. Dengan perkataan lain, jumlah diminta di pasar
(marker quantity demanded) pada setiap tingkat harga adalah penjumlahan semua
jumlah individual yang diminta pada tingkat harga tersebut. Sebenarnya, apabila
semua firm itu tersebar secara merata dan tingkat efisiensi mereka pun sama
pula, maka permintaan pasar akan sama dengan satu permintaan individual
dikalikan dengan jumlah produsen. Namun, pleh karena penyebaran dan efisiensi
setiap pengusaha itu berbeda satu sama lain, maka penjumlahanlah yang dilakukan
untuk mendapatkan permintaan pasar.
Kurva
permintaan pasar merupakan penjumlahan horizontal secara aritmetis dari semua
kurva permintaan yang dihadapi oleh seluruh produsen individual. Satu-satunya
hal yang masih perlu dicatat dalam persoalan ini adalah hendaknya diingat bahwa
dalam kenyataan jumlah penjual disuatu pasar tidaklah sedikit . dalam kenyataan
jumlah produsen itu bisa banyak sekali, puluhan, ratusan atau bahkan ribuan.
Namun demikian, berapapun jumlah mereka permintaan pasar tetaplah merupakan
penjumlahan permintaan yang dihadapi oleh semua produsen atau pedagang
individual.Permintaan yang dihadapi oleh seorang produsen belum pasti merupakan
permintaan pasar. Hanyalah di pasar monopoli, seorang produsen menghadapi
permintaan passer. Artinya, penjualan yang hanya dilakukan oleh satu orang
saja, yakni si monopolis, adalah permintaan pasar.
3. Hukum
permintaan
Bunyi
hukum permintaan adalah “Jika harga barang atau jasa semakin rendah maka jumlah
permintaan terhadap barang atau jasa tersebut cenderung meningkat dan
sebaliknya jika harga barang atau jasa meningkat maka jumlah permintaan barang
atau jasa cenderung turun”
4. Kurva
permintaan
Contoh
tabel dan kurva permintaan
Permintaan
akan telur di pasar Seririt pada bulan ke-8 tahun 2014
Harga (ribu
Rp)
|
Jumlah yang diminta (kg)
|
12.000
|
1
|
10.000
|
2
|
8.000
|
3
|
6.000
|
4
|
4.000
2.000
|
5
6
|
5. Fungsi
permintaan dalam bentuk umum
Fungsi
permintaan adalah fungsi yang menunjukkan hubungan antara variable harga (P)
dengan variable jumlah barang (Q) yang diminta. Fungsi permintaan sesuai dengan
hokum permintaan yang menyatakan bahwa bila harga naik maka jumlah permintaan
turun, dan bila harga turun maka jumlah permintaan akan naik. Dengan demikian
hubungan antara harga barang dengan jumlah barang yang diminta yaitu berbanding
terbalik. Bentuk umum fungsi permintaan :
D=f(P,Q)
D=
permintaan (demand)
P=harga(price)
Q=jumlah
barang yang diminta (quantity)
Untuk
menentukan fungsi permintaan atau permintaan kurva penawaran dapat dicari
dengan menggunakan rumus :


P2-P1
= Q2-Q1
6. Faktor-faktor
yang mempengaruhi permintaan.
Agar lebih mudah, umpamakan seseorang menyukai
barang yang dia sukai yaitu nasi goreng , dimana dalam sebulan dia memakan 5
kali roti. Meskipun demikian, mungkin saja tidak akan selamanya dia membeli 5
kali roti dalam sebulan. Ada banyak hal yang mempengaruhi permintaannya
terhadap roti. Dan andai saja ditanyakan apakah dia akan menggantikan konsumsi
roti dengan barang lain ? mungikn saja iya. Karena ada beberapa faktor-faktor
yang mempengaruhi permintaan yaitu sebagai berikut.
a.
Harga barang itu sendiri
Jumlah
barang yang diminta menurun ketika harga meningkat, dan sebaliknya jumlah
permintaan barang akan meningkat ketika harga turun. Dapat dikatakan jumlah
barang yang diminta berhubungan negatif dengan harga barang
b.
Harga barang lain yang terkait
Barang lain dapat
berpengaruh terhadap permintaan jika barang tersebut bisa bersifat sebagai
barang pengganti dan penggenap.Pengaruh harga barang lain yang terkait terhadap
permintaan tidak hanya menyangkut barang substitusi (pengganti) tetapi juga terhadap
barang komplementer (pelengkap). Hubungan substitusi terjadi apabila harga
suatu barang naik maka berakibat naiknya
juga barang lain yang terkait. Contoh naiknya harga beras mengakibatkan naiknya
juga harga sagu.
Sedangkan hubungan komplementer terjadi
ketika naiknya harga suatu barang berakibat turunnya harga barang lain yang
bersifat pelengkap. contoh naiknya harga minyak tanah mengakibatkan turunya
harga dan permintaan kompor minyak. Kemudian turunnya harga bensin
mengakibatkan meningkatnya permintaan terhadap kendaraan bermotor.
c.
Tingkat pendapatan
Pendapatan
merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi permintaan. Pendpatan seseorang
sangat mempengaruhi permintaan barang. Permintaan dapat mencerminkan daya beli. Semakin tinggi tingkat
pendapatan, daya beli makin kuat, sehingga permintaan terhadap suatu barang
meningkat. Contoh sorang kariawan mendapatkan tambahan gaji
dari atasannya. Kemungkinan besar dia akan menambah permintaannya.
d.
Selera atau kebiasaan
Selera
adalah faktor yang sangat kuat dalam mempengaruhi permintaan. Tinggi rendahnya suatu permintaan
juga ditentukan oleh
selera dan kebiasaan dari pola hidup suatu masyarakat.
Jika seseorang menyukai roti, maka permintaan terhadap roti akan tetap tinggi
walapun faktor-faktor lain berubah. Berapapun penurunan harga barang jika tidak
ada selera dari konsumen maka tidak akan terjadi permintaan terhadap barang
tersebut. Sebaliknya walaupun harga suatu barang naik secara derastis namun
selera konsumen juga tinggi maka tetap terjadi permintaan barang tersebut.
e.
Jumlah penduduk
Semakin banyak jumlah
penduduk yang mempunyai selera dan kebiasaan akan kebutuhan barang tertentu,
maka semakin besar permintaan terhadap barang tersebut.
f.
Perkiraan harga di masa depan.
Perkiaraan harga
di masa depan juga mempengaruhi permintaan Bila kita perkirakan harga suatu barang akan naik,
maka lebih baik membeli barang tersebut sekarang, sehingga mendorong konsumen
untuk membeli lebih banyak barang tersebut saat ini guna menghemat belanja
dimasa depan.
7. Analisis
Permintaan
Analisa permintaan memberikan
secara bersama-sama semua informasi tentang permintaan suatu barang atau jasa
bagi tujuan penentuan harga dan jumlah keseimbangan yang diperjual-belikan.
Analisa permintaan digunakan bagi semua jenis barang dan jasa yang dikonsumsi
masyarakat atau bagi sumber-sumber ekonomi seperti suatu keahlian tertentu,
suatu jenis mesin tertentu, dapat pula diterapkan pada ekonomi agregat seperti
permintaan agregat semua barang dan jasa atau permintaan uang.
Dengan telah diketahuinya
konsep-konsep permintaan, pasar dan keseimbangan, maka akan memudahkan bagi
kita untuk mengetahui lebih lanjut mengenai analisa permintaan secara
menyeluruh. Konsep permintaan menunjukkan (biasanya) korelasi negatif antara
harga dan jumlah yang akan dibeli, sedangkan Pasar adalah tempat bertemunya
para pembeli dan penjual secara bersama, dan keseimbangan tercapai pada harga
di mana jumlah barang yang diminta sama dengan jumlah barang yang ditawarkan.
0 comments:
Post a Comment