1. Pengertian
Penawaran
Penawaran adalah jumlah
barang yang produsen ingin tawarkan (jual) pada berbagai tingkat harga selama
satu waktu tertentu. Penawaran dapat dikatakan sebagai sejumlah barang dan jasa
yang tersedia dan dapat dijual oleh penjuaal. Karena kurva penawaran menerangkan keadaan pada satu saat tertentu,
jumlah barang dianggap tetap konstan. Hal ini termasuk biaya masukan (inputs)
yang dibutuhkan untuk produksi, keadaan teknologi yang digunakan, dugaan para
penjual terhadap harga barang-barang lain dan tujuan para penjual.
Untuk memudahkan
penjelasan dapat menggunakan daftar penawaran dan kurva penawaran. Dalam asumsi
yang statis di atas, daftar penawaran menyatakan hubungan antara harga suatu
barang dengan jumlah barang tersebut yang akan ditawarkan, atau dengan lain
perkataan jumlah barang yang akan ditawarkan pada berbagai tingkat harga
3. Hukum
Penawaran
Hukum penawaran
berbunyi “Kenaikan harga suatu barang atau jasa akan mengakibatkan meningkatnya
kegiatan penawaran terhadap barang atau jasa tersebut. Sebaliknya jika harga
suatu barang semakin rendah maka timbul kecenderungan berkurangnya penawaran
terhadap barang atau jasa tersebut”.
4. Kurva
Penawaran
Contoh tabel dan kurva
penawaran
Penawaran
akan telur di pasar Seririt pada bulan ke-8 tahun 2014
Harga (ribu
Rp)
|
Jumlah yang ditawar (kg)
|
1.200
|
6
|
1.000
|
5
|
800
|
4
|
600
|
3
|
400
200
|
2
1
|

5. Fungsi-fungsi
Yang Mempengaruhi Penawaran
Fungsi penawaran adalah Fungsi yang
menunjukan hubungan antara harga (P) dengan jumlah barang (Q) yang ditawarkan.
Fungsi yang ditawarkan harus sesuai dengan hokum penawaran yang menyatakan
bahwa. Bila harga barang naik, Maka jumlah penawarannya bertambah dan bila
harga barang turun, Maka jumlah penawarannya berkurang. Dengan demikian
hubungan antara harga adalah positif atau berbanding lurus.
6. Faktor-faktor
Yang Mempengaruhi Penawar
Terdapat beberapa
faktor yang mempengaruhi penawaran, di antaranya :
a. Harga
barang itu sendiri
b. Harga
barang yang terkait
c. Harga
faktor produksi
d. Harga
produksi
e. Teknologi
produksi
f. Jumlah
pedagang
g. Kebijakan
pemerintah
7. Analisis
Penawaran
8. Keseimbangan
permintaan dan penawaran
0 comments:
Post a Comment