Profil Facebook

https://www.facebook.com/adhie.frazzethyaa

Pages

Thursday, March 19, 2015

PENAWARAN



1.      Pengertian Penawaran
Penawaran adalah jumlah barang yang produsen ingin tawarkan (jual) pada berbagai tingkat harga selama satu waktu tertentu. Penawaran dapat dikatakan sebagai sejumlah barang dan jasa yang tersedia dan dapat dijual oleh penjuaal. Karena kurva penawaran menerangkan keadaan pada satu saat tertentu, jumlah barang dianggap tetap konstan. Hal ini termasuk biaya masukan (inputs) yang dibutuhkan untuk produksi, keadaan teknologi yang digunakan, dugaan para penjual terhadap harga barang-barang lain dan tujuan para penjual.
Untuk memudahkan penjelasan dapat menggunakan daftar penawaran dan kurva penawaran. Dalam asumsi yang statis di atas, daftar penawaran menyatakan hubungan antara harga suatu barang dengan jumlah barang tersebut yang akan ditawarkan, atau dengan lain perkataan jumlah barang yang akan ditawarkan pada berbagai tingkat harga

3.      Hukum Penawaran
Hukum penawaran berbunyi “Kenaikan harga suatu barang atau jasa akan mengakibatkan meningkatnya kegiatan penawaran terhadap barang atau jasa tersebut. Sebaliknya jika harga suatu barang semakin rendah maka timbul kecenderungan berkurangnya penawaran terhadap barang atau jasa tersebut”.

4.      Kurva Penawaran
Contoh tabel dan kurva penawaran
Penawaran akan telur di pasar Seririt pada bulan ke-8 tahun 2014

Harga  (ribu Rp)
Jumlah yang ditawar (kg)
1.200
6
1.000
5
800
4
600
3
400

200
                  2

1


5.      Fungsi-fungsi Yang Mempengaruhi Penawaran
Fungsi penawaran adalah Fungsi yang menunjukan hubungan antara harga (P) dengan jumlah barang (Q) yang ditawarkan. Fungsi yang ditawarkan harus sesuai dengan hokum penawaran yang menyatakan bahwa. Bila harga barang naik, Maka jumlah penawarannya bertambah dan bila harga barang turun, Maka jumlah penawarannya berkurang. Dengan demikian hubungan antara harga adalah positif atau berbanding lurus.

6.      Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Penawar
Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi penawaran, di antaranya :
a.       Harga barang itu sendiri

b.      Harga barang yang terkait
c.       Harga faktor produksi
d.      Harga produksi
e.       Teknologi produksi
f.       Jumlah pedagang
g.      Kebijakan pemerintah
7.      Analisis Penawaran
8.      Keseimbangan permintaan dan penawaran


0 comments:

Post a Comment