Profil Facebook

https://www.facebook.com/adhie.frazzethyaa

Pages

Thursday, March 12, 2015

Ringkasan Masalah Ekonomi, Definisi, dan Pelaku Ekonomi



Ringkasan :
1.      Permasalahan Pokok Ilmu Ekonomi
Ekonomi merupakan salah satu ilmu yang memeliki peran penting bagi suatu pendidikan di sebuah negara. Karena ilmu ekonomi selalu berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Untuk mengetehaui lebih lanjut mengenai ilmu ekonomi terlebih dahalu kita harus mengetahui yang namanya masalah-masalah dari ilmu ekonomi. Ada beberapa masalah ilmu  ekonomi yaitu masalah pokok ekonomi klasik dan masalah pokok ekonomi mordern.
Masalah pokok ekonomi klasik merupakan masalah ekonomi yang pertama diperkenalkan, masalah ekonomi klasik terletak pada pemegang peran penting proses ekonomi berlangsung. Berikut merupakan masalah ekonomi klasik.
·         Produksi
Produksi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh seseorang yang memiliki tujuan untuk menghasilkan atau menambah nilai guna suatu benda. Kegiatan ini merupakan tahap awal dari masalah pokok ekonomi klasik. Orang yang melakukan kegiatan ini dinamakan produsen
·         Distribusi
Setelah dilakukan produksi, kegiatan selanjutnya adalah menyalurkan benda atau barang yang telah diproduksi kepada konsumen, kegiatan tersebut merupakan kegiatan dari distribusi. Orang yang melakukan kegiatan tersebut dinamakan distributor.
·         Kunsumsi
Konsumsi merupakan kegiatan menghabiskan, menggunakan, dan mengurangi nilai guna dari suatu benda. Kegiatan ini merupakan tahap akhir dari masalah ekonomi klasik. Orang yang melakukan kegiatan ini dinamakan konsumen.
Kemudian ada juga masalah pokok ilmu ekonomi lain yaitu masalah pokok   ekonomi modern. Masalah pokok ekonomi modern merupakan masalah pokok yang digunakan saat ini. Berikut ini merupakan masalah pokok ekonomi modern.
·         What
Masalah ini menyangkut barang atau jasa apa yang akan diproduksi. Serta berapa jumlah barang atau jasa apa yang akan diproduksi. Biasanya masalah ini menyangkut barang apa yang diinginkan atau diminati oleh konsumen. Pemilihan barang atau jasa akan mempengaruhi faktor-faktor produksi suatu benda. Sehingga pihak produsen akan memaksimalkan dalam memproduksi suatu benda yang diminati oleh konsumen untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal
·         How
Bagaimana seorang produsen dalam menentukan tingkat produksinya. Serta  bagaimana cara memilih dan menggunakan faktor-faktor produksi secara efisiensi agar dapat meminimalkan biaya dan memaksimalkan keuntungan.
·         For whom
Yaitu kepada siapa barang atau jasa tersebut diproduksi. Disini berhubungan dengan konsumen, karena barang atau jasa tentu saja akan diperlukan oleh seorang konsumen.
Ada juga masalah pokok yang dialami oleh seorang konsumen  yaitu, adanya kebutuhan manusia yang yang tidak terbatas sedangkan alat pemuas kebutuhan yang sangat terbatas. Biasanya seorang konsumen membuat skala prioritas agar dapat memenuhi kebutuhannya.
2.      Definisi Ilmu Ekonomi
Ekonomi dikatakan ilmu yang tertua didunia karena sejak dahulu manusia telah menemukan masalah-masalah ekonomi namun belum  memahami pengertian dari ekonomi .Ekonomi merupakan salah satu ilmu yang memegang peran penting dalam mempelajari aktifitas kehidupan dari manusia. Pengertian ekonomi adalah sebagai berikut, kata ekonomi berasal dari bahasa Yunani yaitu dari kata okios  dan nomos. Okios yang artinya rumah tangga, dan keluarga. Sedangkan nomos artinya aturan, hukum atupun peraturan. Jadi  secara umum ekonomi merupakan aturan rumah tangga. Ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari cara-cara manusia dalam mengatasi masalah-masalah pokok ekonomi guna memenuhi kebutuhan. Ilmu ekonomi merupakan kajian mengenai kehidupan manusia dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari serta menikmati hasil dari pemenuhan kebutuhan. Ilmu ekonomi diciptakan untuk mengatasi masalah ekonomi yaitu bagaimana manusia memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas sedangkan alat pemuas kebutuhan yang terbatas. Hal tersebut tentu akan dibahas dalam ilmu ekonomi karena ilmu ekonomi memiliki prinsip yaitu dengan pengorbanan yang sekecil-kecilnya memperoleh hasil tertentu, atau dengan pengorbanan tertentu memperoleh hasil yang sebesar-besarnya.
Yang dipelajari dalam ilmu ekonomi adalah :
1.      Kelangkaan (scarcity). Dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari tentu akan menemukan yang namanya kelangkaan.Kelangkaan ini akan dialami ketika kebutuhan yang tidak terbatas sedangkan sumber daya yang terbatas. Manusia biasanya kurang puas akan sesuatu yang dimiliki, manusia cenderung menginginkan sesuatu yang lebih.
2.      Pilihan-pilihan (Choices). Nah untuk mengatasi kelangkaan tersebut dilakukan suatu pemilihan untuk mengatasi kelangkaan ini. Setiap manusia pasti melakukan pemilihan terlebih dahulu terhadap benda-benda yang memang dibutuhkan manusia sesuai dengan kapasitas dan kondisi manusia. Nah ketika kita telah memilih salah satu benda yang kita inginkan barang tentu kita akan mengorbankan manfaat atau kegunaan barang yang tidak kita pilih.
3.      Biaya Kesempatan (Opportunity Cost). Biaya kesempatan atau sering juga disebut dengan biaya kesempatan merupakan karena kita sudah memilih alternatif lain . ketika kita sudah melakukan pemilihan terhadap suatu barang atau jasa. Maka benda benda yang tidak kita pilih dan dikorbankan merupakan biaya kesempatan atau biaya peluang. Biaya kesempatan biasanya biaya yang merujuk pada setiap alternatif yang dikorbankan untuk melakukan  pekerjaan yang lebih bernilai.
3.      Pelaku-pelaku Ekonomi
Setelah mengetahui definisi dari ilmu ekonomi tentu saja kita harus mengetahui siapa saja pelaku-pelaku ekonomi. Biasanya pelaku-pelaku ekonomi tersebut adalah seseorang yang melakukan kegiatan yang berkaitan dengan ilmu ekonomi. Kali ini akan dijelaskan pelaku-pelaku ekonomi yaitu , produsen dan konsumen.
·         Produsen
Produsen merupakan orang yang melakukan kegiatan produksi untuk menghasilkan suatu produk tertentu. Biasanya kegiatan yang dilakukan seorang produsen adalah menciptakan dan menambah nilai guna suatu barang.
·         Konsumen
Konsumen merupakan orang yang melakukan kegiatan konsumsi. Seorang konsumen biasanya melakukan kegiatan menghabiskan atau mengurangi nilai guna suatu barang

1 comments: