Profil Facebook

https://www.facebook.com/adhie.frazzethyaa

Pages

Thursday, March 12, 2015

Contoh Paragraf Argumentasi dan Paragraf Persuasi



  Paragraf Argumentasi

Contoh :
           Pendidikan gratis hanya janji yang bergema luas saat kampanye dan pemilihan pimpinan daerah maupun pusat. Saat pemilihan usai akan lain ceritanya. Anak-anak miskin di kota, desa, dan pedalaman tetap mengalami kesulitan untuk mengakses pendidikan yang layak. Di perkotaan sekolah berlomba-lomba meningkatkan sarana dan prasaran dengan jalan menaikkan pungutan dengan dalil sumbangan pendidikan, uang gedung, dan lain-lain karena biasanya masyarakat perkotaan lebih memilih sekolah yang mempunyai sarana pendidikan yang baik sehingga mereka tidak akan segan untuk membayar mahal demi memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak-anak mereka. Sebaliknya di pinggiran kota, pedesaan, dan pedalaman, sekolah tidak bisa mengenakan pungutan kepada orang tua siswa karena tidak ada lagi yang bisa dipungut dari masyarakat. Para siswa harus puas dengan kondisi fasilitas pendidikan yang jauh dari kata layak.

    
           
Paragraf Persuasi

Contoh  :
        Banyak orang yang meremehkan sampah. Bahkan, tidak terpikirkan hal yang akan ditimbulkannya. Walaupun tempat sampah banyak disesidakan, tetapi kepedualian seseorang terhadap sampah sangat kurang. Sebagai siswa, kamu sebaiknya menyadari dan memiliki sikap peduli terhadap sampah. Oleh karena itu, buanglah sampah pada tempat sampah.

1 comments:

  1. hay.. nama saya try, salam kenal.,
    trimakasih sudah berbagi ilmu,, artikelnya sangat bermanfaat., buat referensi teman-teman.,

    oh iya., kalau ada waktu jangan lupa berkunjung di Tugas dan Materi Kuliah siapa tahu bisa bermanfaat.. Saya juga punya pembahan mengenai paragraf argumentasi tapi sudah dalam bentuk makalah . silahkan lihat Tugas Bahasa Indonesia 'Makalah Paragraf Argumentasi'.

    ReplyDelete